Lowongan kerja PT Bina Artha Ventura Okt 2014




Bina Artha is a Indonesian microfinance institution recently started up by MicroVentures, an international investment company specialized in microfinance (www.bina-artha.net). We provide financing to low income clients across Java and to rapidly grow to be one of the best microfinance institutions in Indonesia. We have 59 branches across Java, and serve more than 80,000 clients in December 2013.


Admin/Kasir (Wilayah Sukoharjo & Solo)


JOB DESCRIPTION

Mengecek saldo uang dan pencatatan di buku kas.
Menyetorkan dan mengambil uang ke dan dari bank.
Memeriksa saldo mingguan cabang.
Menyiapkan daftar mitra yang memperoleh pembiayaan.
Mengajukan kebutuhan kas harian dan mingguan.
Menyiapkan uang realisasi pencairan.
Menyiapkan kebutuhan materai.
Melakukan pencatatan setoran dan simpanan setiap hari dari mitra melalui Business Officer.
Menerima uang setoran mitra melalui Business Officer.
Melakukan pencairan uang tunai untuk pembiayaan kepada mitra, uang tanggung jawab dan asuransi.
Melakukan pengecekan jumlah uang tanggung jawab bagi mitra yang akan pelunasan.
Membuat laporan mitra yang baru realisasi untuk didaftarkan ke asuransi.
Menyiapkan kebutuhan operasional lapangan Bina Artha (Alat tulis kantor, fomulir-fomulir.
Mengirim dan menerima dokumen/memo/surat dari kantor area/pusat.
Mengurus klaim asuransi mitra.
Menghadiri dan menyampaikan laporan dalam rapat konsolidasi mingguan.
Mendokumentasikan hasil konsolidasi cabang tiap hari Jumat.
Mencapai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan sesuai dengan standar prosedur operasional di PT Bina Artha Ventura
Memahami dan mematuhi kode etik yang telah ditetapkan oleh PT Bina Artha Ventura


Kualifikasi :


Minimal D3 dan sederajatnya atau pendidikan yang lebih tinggi
Usia berkisar antara 21-27 tahun
Berorientasi kepada hasil
Memiliki alat transportasi pribadi roda 2 dan Surat Ijin Mengemudi (SIM C)
Menguasai bahasa lokal
Bersedia di tempatkan di kota-kota kecamatan dalam satu Propinsi daerah asal, yaitu di Sukoharjo & Solo

Branch Manager - Brebes

JOB DESCRIPTION

Melakukan survey di tingkat kecamatan dan desa
Melakukan sosialisasi ke pihak kecamatan desa, RT, RW maupun ke calon mitra langsung;
Melakukan pengesahan kumpulan
Mengelola jadwal setoran/pertemuan mingguan
Memantau kinerja RO, SO dan administrasi&kasir serta mengevaluasi kinerja RO, SO dan admin&kasir;
Memberikan informasi perkiraan realisasi per hari satu minggu ke depan kepada Kantor Pusat (KP) pada hari Jum’at pagi (tergantung sistem MIS)
Memberikan informasi jumlah mitra dan kebutuhan pembiayaan yang riil per hari kepada KP minimal 2 hari sebelum pencairan (tergantung sistem MIS)
Mengecek dan menanda-tangani Uji Kelayakan Mitra (UKM), Pemeriksaan Usaha (PU) dan formulir aplikasi pengajuan pembiayaan
Melakukan monitoring secara periodik ke semua kumpulan (dalam setiap 3 bulan semua kumpulan sudah dimonitor)
Menyelesaikan persoalan mitra yang tertunggak dan atau macet
Melakukan kunjungan ke semua rumah/usaha calon mitra sebelum uji pengesahan kelompok mitra dilakukan
Mengecek keabsahan dokumen persyaratan pengajuan pembiayaan dari mitra (KTP, KK, surat nikah, surat pindah dan dokumen terkait lain)
Melakukan setoran dan mengambil uang realisasi dari dan ke Bank
Mengecek Lembar Pembayaran Angsuran (LPA), dan penarikan uang tanggung jawab
Memimpin komite pembiayaan
Mengecek semua berkas yang diperlukan dalam proses pencairan pembiayaan
Membuat laporan bulanan cabang (tergantung ketersediaan MIS)
Melakukan rapat mingguan cabang
Menghadiri rapat koordinasi dengan area, regional dan head office
Melakukan pendampingan kepada staf baru
Memastikan proses pengalihan (hand-over) mitra dilakukan dengan benar dan lengkap
Memproses klaim asuransi jiwa mitra
Menggantikan tugas RO dan atau SO pada saat berhalangan hadir
Mengusulkan plafon pembiayaan ke -2 dan seterusnya kepada Area Sales Manager


Requirements:


Minimal D3 dan sederajatnya atau pendidikan yang lebih tinggi
Minimal 3 tahun pengalaman dalam keuangan mikro
Usia berkisar antara 25 - 35 tahun
Mampu berkomunikasi dengan baik
Memiliki kemampuan membangun hubungan yang baik dengan pihak terkait baik internal maupun eksternal
Berorientasi kepada hasil
Memiliki alat transportasi pribadi roda 2 dan Surat Ijin Mengemudi (SIM C)
Mempunyai kemampuan berinteraksi baik dengan ibu-ibu di pedesaan; dan
Bersedia di tempatkan di kota-kota kecamatan di Brebes

Admin Kasir (Wilayah DIY)

JOB DESCRIPTION

Mengecek saldo uang dan pencatatan di buku kas.
Menyetorkan dan mengambil uang ke dan dari bank.
Memeriksa saldo mingguan cabang.
Menyiapkan daftar mitra yang memperoleh pembiayaan.
Mengajukan kebutuhan kas harian dan mingguan.
Menyiapkan uang realisasi pencairan.
Menyiapkan kebutuhan materai.
Melakukan pencatatan setoran dan simpanan setiap hari dari mitra melalui Business Officer.
Menerima uang setoran mitra melalui Business Officer.
Melakukan pencairan uang tunai untuk pembiayaan kepada mitra, uang tanggung jawab dan asuransi.
Melakukan pengecekan jumlah uang tanggung jawab bagi mitra yang akan pelunasan.
Membuat laporan mitra yang baru realisasi untuk didaftarkan ke asuransi.
Menyiapkan kebutuhan operasional lapangan Bina Artha (Alat tulis kantor, fomulir-fomulir.
Mengirim dan menerima dokumen/memo/surat dari kantor area/pusat.
Mengurus klaim asuransi mitra.
Menghadiri dan menyampaikan laporan dalam rapat konsolidasi mingguan.
Mendokumentasikan hasil konsolidasi cabang tiap hari Jumat.
Mencapai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan sesuai dengan standar prosedur operasional di PT Bina Artha Ventura
Memahami dan mematuhi kode etik yang telah ditetapkan oleh PT Bina Artha Ventura


Kualifikasi :


Minimal D3 dan sederajatnya atau pendidikan yang lebih tinggi
Usia berkisar antara 21-27 tahun
Berorientasi kepada hasil
Memiliki alat transportasi pribadi roda 2 dan Surat Ijin Mengemudi (SIM C)
Menguasai bahasa lokal
Bersedia di tempatkan di kota-kota kecamatan dalam satu Propinsi daerah asal, yaitu DIY

Please send your CV and supporting documents to recruitment@bina-artha.net
Tag : Solo, Sukoharjo
Back To Top